Ketahuilah 5 Penyebab Rambut Remaja Mudah Rontok

Ketahuilah 5 Penyebab Rambut Remaja Mudah Rontok – Sebenarnya masalah rambut rontok tidak hanya dialami oleh para remaja saja, bahkan hampir setiap otang entah itu perempuan ataupun laki-lai psti pernah mengalami masalah kerontokan pada rambut mereka. Namun kerontokan rambut yang terjadi pada usia remaja khususnya bagi perempuan, sangatlah sering terjadi. Sehingga perlu bagi para remaja putri untuk mengetahui sebenarnya mengapa kerontokan rambut ini rentan sekali terjadi. Untuk lebih memahami kerontokan ini, silahkan simak informasi menarik tentang penyebab masalah kerontokan pada remaja berikut ini.

Ketahuilah 5 Penyebab Rambut Remaja Mudah Rontok
Gambar : Hailey Reed on Unsplash

 

Penyebab Mengapa Rambut Remaja Sering Mengalami Kerontokan.

  1. Gangguan Kesehatan.

Kerontokan rambut juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada kesehatan. Penyakit seperti diabetes, kelainan kulit, gangguan tiroid dan infeksi kulit kepala akan menyebabkan masalah kerontokan.

Untuk mengatasi masalah kerontokan rambut bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu :

– Penuhi asupan makanan yang bergizi setiap hari.

– Banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung omega 3.

– Hindari rasa stres yang berlebihan.

– Merangsang kulit kepala dengan cara memijatnya.

– Hindari proses styling yang berlebihan.

– Jagalah kebersihan kulit kepala dengan rajin mencuci rambut.

– Sisirlah rambut dengan hati-hati, gunakan sisir bergigi jarang terlebih dahulu, baru setelah itu gunakan sisir bergigi rapat.

– Jagalah kondisi kesehatan, misalnya pada kondisi tekanan darah, karena anemia dapat menyebabkan masalah kerontokan.

– Berilah minyak yang dapat memberi nutrisi di kulit kepala seperti minyak kelapa, minyak zaitun atau minyak argan.

  1. Masalah Hormon.

Saat usia remaja, para gadis akan mengalami banyak perubahan pada tubuhnya, termasuk masalah hormon. Karena adanya perubahan hormon inilah yang akhirnya menyebabkan terjadinya perubahan pula pada kebiasaan yang sering dijalani, yang cenderung akan membuat para remaja putri lebih cepat emosi , dan masalah kerontokan pada rambut. Hormon dihydrotestosterone atau DHT di dalam tubuh sangat berpengaruh pada pertumbuhan rambut. Walaupun hormon ini lebih dikenal ada di dalam tubuh pria, namun perempuan juga tetap memilikinya, namun jumlahnya terbatas. Hormon DHT dapat membuat folikel rambut mengkerut dan akhirnya membuat rambut mudah rontok.

Baca juga : Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Kekurangan Gizi.

Memiliki rambut yang sehat, berkilau serta kuat tidak hanya bisa didapat dengan rutin melakukan perawatan rambut di salon. Akan tetapi asupan makanan kita sehari-hari juga memiliki peranan yang sangat besar dalam menciptakan rambut yang sehat. Para remaja seringkali kurang memperhatikan nilai gizi pada makanan yang mereka konsumsi sehingga akan berakibat pada masalah kerontokan. Untuk itu jika tidak ingin masalah kerontokan ini terjadi, cobalah untuk mengganti menu makanan sehari-hari menjadi menu yang lebih sehat, dengan selalu menyisipkan sayuran dan juga buah-buahan di dalamnya.

  1. Proses Styling.

Remaja putri umumnya memiliki kebiasaan bergonta-ganti gaya rambut, untuk mendapatkan tampilan yang tidak membosankan. Namun tahukan kita bahwa proses styling seperti pelurusan, pengeritingan, dan penggunaan hair dryer yang berlebihan akan membuat rambut mudah patah dan rontok. Belum lagi penggunaan produk-produk penataan rambut, proses mengikat rambut terlalu kencang, dan mengepang akan membuat akar rambut tertarik dan menimbulkan kerontokan.

  1. Pengonsumsian Obat-Obatan.

Siapa sangka bahwa dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti beta blocker, vitamin A dosis tinggi dan juga anticoagulant ternyata dapat menimbulkan efek kerontokan pada rambut, entah itu pada remaja aataupun orang dewasa. Pil KB yang sering dikonsumsi juga bisa menjadi penyebab kerontokan.

 

Demikian sekilas informasi mengenai penyebab kerontokan rambut pada usia remaja. Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.