Bahaya Depresi Bagi Mental dan Fisik

Depresi merupakan suatu bentu reaksi yang diberikan oleh tubuh terhadap kejadian yang dialami oleh dirinya yang biasanya adalah berupa kekecewaan dalam hidup. Istilah depresi ini sangat sering digunakan untuk menyebut kesedihan yang mendalam dan berlarut – larut. Hal ini biasanya terjadi pada saat orang yang bersangkutan merasa putus asa, terus menerus sendirian, serta rasa kekosongan yang mendalam yang disebabkan oleh ketidakpuasan dalam berbagai aspek kehidupan yang dialaminya. erkadang orang lupa dampak buruk danĀ Bahaya Depresi Bagi Mental dan Fisik.

Apalagi di jaman yang modern ini di mana jumlah penduduk di dunia semakin banyak dan diperkirakan akan terus meningkat sehingga tentu saja persaingan antar manusia tidak dapat dihindarkan. Di dalam persaingan tentu adalah hal yang wajar jika ada pihak yang kalah dan kurang beruntung, jika kondisi ini tidak ditanggapi dengan baik maka akan muncul perasaan sedih dan kecewa yang selanjutnya akan berkembang menjadi depresi. Hal ini tentu saja akan berdampak buruk terhadap mental dan fisik seseorang, berikut ini ulasannya.

Bahaya Depresi Bagi Mental dan Fisik
Gambar : Anh Nguyen on Unsplash

Bahaya Depresi Bagi Mental dan Fisik

  1. Pikiran Kosong

Salah satu bahaya yang diakibatkan oleh depresi adalah pikiran yang mudah kosong, kondisi depresi yang dialami oleh seseorang sangat erat kaitannya dengan keadaan zat kimiawi yang ada dalam otak seseorang sehingga zat kimiawi tersebut menjadi tidak seimbang. Ketidakseimbangan zat kimiawi yang ada di dalam otak inilah yang menjadi salah satu penyebab pikiran seseorang mudah menjadi kosong.

  1. Nafsu Makan Berubah

Bahaya kedua yang bisa diakibatkan oleh depresi adalah nafsu makan yang berubah, pada sebagian orang ketika terjadi masalah dalam hidupnya akan melampiaskan dirinya terhadap makanan sehingga ketika yerjadi sesuatu yang menimpa dirinya maka orang tersebut akan makan secara terus menerus atau makan dalam jumlah banyak, namun ada juga sebaliknya yang malah justru kehilangan nafsu makan.

Baca juga : Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

  1. Gangguan Tidur

Bahaya ketiga yang juga bisa diakibatkan oleh depresi adalah mengalami gangguan tidur, hal ini dikarenakan seseorang yang sedang mengalami depresi akan memiliki banyak hal untuk dipikirkan . Jika sudah mengalami hal yang sepert ini maka bukan tidak mungkin orang tersebut akan mengalami gangguan tidur yang salah satunya adalah insomnia yang mana kondisi seseorang yang sulit untuk tidur.

  1. Berat Badan Turun

Bahaya depresi yang keempat ini berdampak pada fisik di mana berat badannya akan menurun secara drastis, sebagian orang yang mengalami depresi biasanya akan mengalami kesedihan yang mendalam sehingga membuatnya tidak memiliki nafsu makan sama sekali, jika hal ini tidak segera ditangani maka orang tersebut akan mengalami penurunan berat badan secara drastis sehingga tubuhnya kurus.

  1. Produktivitas Menurun

Bahaya depresi selanjutnya adalah menurunnya produktivitas, pada sebagian besar orang yang mengalami depresi biasanya akan memiliki banyak pikiran yang membuatnya sulit untuk tidur serta kehilangan nafsu makan sehingga tentunya hal ini akan sangat berpengaruh terhadap performa kerja Anda yang akan menyebabkan produktivitas Anda akan mengalami penurunan secara drastis.

Di jaman modern ini, semakin banyak orang yang mengalami depresi yang sebagian besarnya disebabkan karena kekecewaan terhadap hidup, yang mana hal ini tentu akan berdampak buruk bagi tubuh. Menjaga keseimbangan jasmani dan rohani adalah salah satu cara untuk mempertahankan kesehatan mental dan menghindar dariĀ Bahaya Depresi Bagi Mental dan Fisik.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.