Ide Besar Dalam Dunia Teknologi Informasi Saat Ini Yang Tidak Bisa Dihindari

Teknologi tanpa kertas (paperless) adalah salah satu contoh ide teknologi yang dapat kita rasakan saat ini. Kita tidak perlu lagi direpotkan mengurus tumpukan kertas terkait urusan-urusan surat menyurat, dokumentasi, atau apapun yang menggunakan kertas sebagai media penulisan. Ide tentang paperless pada awal dicetuskan dulu bukan tidak mungkin adalah ide brilian yang menawarkan penghematan biaya. Bayangkan lamanya ide tersebut muncul hingga penerapannya sekarang yang terasa menguntungkan kita.

Ada banyak ide besar yang bisa kita lihat dari presentasi-presentasi menawan para pemimpin perusahaan teknologi saat mengenalkan produk barunya. Namun Thornton A. May dalam ComputerWorld menyayangkan kehadiran ide besar di dunia IT yang tidak segera mendapatkan kejelasan tindak lanjut. Simaklah ulasannya tentang ide besar dalam dunia teknologi informasi berikut ini.

Kita hidup di zaman berisi ide besar namun tanpa kesepatakan yang nyata mengenai cara memprioritaskannya. Bekerja dengan kolega, saya berusaha memikirkan secara sistematis tentang ide-ide besar yang mengelilingi kita: apa saja, mengapa bisa ada, kemajuan yang didapat ketika menerapkannya, dan hambatan yang mencegah ide besar bergerak ke level selanjutnya.

Ide besar di balik penelitian ini adalah jika kita memahami ide besar dunia maka kita akan dapat merangkai masa depan yang lebih baik.

Novelis abad ke-19 asal Prancis, Victor Hugo, menulis, “Satu melawan serbuan tentara; satu yang lain melawan serbuan ide.” Tapi, rupanya serbuan ide dapat diabaikan. Teori pertama yang saya terima dalam penelitian adalah bahwa, di banyak organisasi, serbuan ide-ide besar tampaknya dikandangkan.

Terlalu sering ide-ide besar ada dalam siaran pers, pernyataan publik CEO, dan kampanye pemasaran, tapi tidak menjadi bagian dari agenda operasional. Mengapa mereka, pada beberapa contoh, terpisah dari apa yang terjadi hari demi hari? Mengapa organisasi yang menghabiskan banyak waktu penelitian dan memoles perkataan mereka menghabiskan sangat sedikit waktu untuk meyakinkan bahwa perkataan dan perbuatan mereka sejalan?

Inilah sembilan ide besar yang seharusnya tidak diabaikan.

dunia teknologi saat ini
Gambar : GraphicStock

Ide Besar 1: Bukan tentang kamu

Empati sangat-sangat penting. Sejatinya IT peduli tentang pengalaman pengguna. Jika kamu datang dengan solusi yang menurutmu baik bagi permasalahan user dan mereka menyambutnya dengan hangat saat kamu presentasikan kepada siapa yang akan menggunakannya, maka itu bukan solusi yang baik. Kamu harus mendengarkan pengguna untuk mempelajari solusi yang baik dari sudut pandang mereka. Itu tidak mudah. William James, seorang filsuf Amerika, memahami hal ini dan berulang kali mengatakan bahwa memahami keadaan dari sudut pandang lain adalah pengecualian yang sulit.

Ide Besar 2: Orang ahli tidak mahir

Inovasi seringkali menjadi batu sandungan bagi mereka yang terlalu naif untuk peduli bahwa sesuatu tidak dapat diselesaikan. Manajer yang berhasil secara aktif mendengarkan ide-ide dari anggota tim dengan beragam tingkat pengalaman. Pada dunia yang terus-menerus berubah, buah keahlian terbatas.

Ide Besar 3: Kamu tidak harus mengetahui semuanya

Terlalu banyak yang harus diketahui seseorang, jadi jangan paksakan dirimu menambah-nambah pengetahuanmu. Tentu saja kamu perlu mengetahui beberapa hal, tapi hal yang terbaik untuk diketahui adalah perhatian besar pada bagianmu. Kamu perlu memperkuat hubungan dengan orang yang mengetahui apa yang tidak kamu ketahui. Kamu hanya sebaik jaringanmu.

Ide Besar 4: Organisasi harus siap untuk ide besar

Sangat sedikit perusahaan dan eksekutif yang siap untuk komputasi bergerak pada 1993 saat Apple Newton diluncurkan. Ini berubah pada 2007 saat Apple iPhone diluncurkan. Memiliki metodologi yang mengasah kesiapan organisasi untuk menindaklanjuti ide bsar adalah ide bagus.

Ide Besar 5: “Besar” itu relatif

Anehnya universitas mengartikan sebuah ide besar sebagai sesuatu yang memberi dampak positif bagi jutaan orang dalam waktu 10 tahun. Di beberapa institusi suatu ide besar adalah segalanya, di atas pengambilan wewenang sebuah manajer departemen. Bagaimana organisasimu mengartikan “besar”?

Ide Besar 6: Tidak semua ide besar habis

Mengetahui berapa biaya sesuatu dan berapa lama inisiatif dijalankan adalah input utama bagi keputusan yang berkualitas. Penanaman modal harus sebanding dengan bertahannya nilai. Kesalahan-kesalahan dapat berakhir sebagai monumen pengadilan yang menyedihkan. Pada masa penjajahan dan industrialisasi, Inggris membangun rel dan mendirikan stasiun di sekeliling dunia, seolah merekalah simbol masa depan. Banyak dari stasiun-stasiun tersebut kini tidak relevan atau tidak ada lagi.

Ide Besar 7: Beberapa ide besar hanya dapat mendorong kita di arah yang tepat

Penghematan tanpa kertas telah menjadi ide besar selama hampir 30 tahun tanpa pernah terwujud. Tapi, itu bukan berarti ide buruk. Bertahun-tahun, kita mendekati teknologi tanpa kertas tanpa pernah mencapainya, tapi tujuannya memang menarik. Pada 2012 McKinsey Global Institute mengejutkan dengan jumlah dan kesimpulan bahwa jika kita menyingkirkan kertas (dan email) dan beralih ke bentuk kolaborasi yang lebih kekinian seperti Slack, Jive, Yammer, Chatter dan Google Apps, produktivitas akan meningkat sebesar 25%.

Ide Besar 8: Keadaan status quo tidak sepenuhnya rusak

Tidak semua yang kita lakukan sekarang ini bodoh. Aktor teater Bertolt Brecht pernah berkata, “Kebijaksanaan lama dan baru bercampur dengan mengagumkan.” Terdapat banyak kebijaksanaan tersebar di perusahaan-perusahaan hari ini. Cara menyiasatinya adalah menghimpun pemanfaatannya dan menjaga ilmu dan kebiasaan-kebiasaan yang masih relevan dan meninggalkan yang tidak relevan.

Ide besar 9: Ide besar seringkali dimulai sebagai ide “buruk”

Ratusan tahun lalu, pekerjaan rumah dianggap sebagai “dosa terhadap masa kecil”.

Ide-ide besar apa yang membentuk masa depanmu?

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.